6 Feb 2013

Hari ke-27: Tentang Buku

"Saya nggak tertarik mbaca sesuatu yang saya sendiri nggak yakin kalo saya akan suka," katanya datar.

"Gimana kamu bisa suka, wong baca saja belum," timpalnya.

"Bisa, saya bisa merasakan, kalo kata orang, don't judge book by its cover, itu ga berlaku buat saya, ada cover itu buat di judge kok. Kan dari mata turun ke hati. Lha, sehabis liat cover, saya baca cuplikannya di belakang, sambil baca-baca sedikit dalemnya. Kalo cocok, ya beli. Tapi, selama ini jarang saya nemu buku yang langsung bisa cocok dengan hati. Jadi saya terbiasa cuma menyusuri rak demi rak, liat-liat buku, nyium bau buku yang khas itu. Itu lebih dari cukup untuk membuat syaraf saya rileks," dia menambahkan.

"Milih buku itu seperti milih teman ya, pun seperti milih pasangan. Kalo ndak cocok, ya, ndak menikmati cerita, cenderung bosen, selesai baca, ya sudah langsung disimpan di rak. Iya ndak?" tanyanya.

"Inggih, setuju," jawabnya sambil mengangguk.

No comments: